All Information About Gadget

Category

About Me

Powered by Blogger.

Wednesday 12 April 2017

Tips Dan Trik Menghemat Baterai Smartphone Tanpa Aplikasi Pihak Ketiga


Assalamualaikum Wr.Wb.


Rabu , 12/04/2017



Tips Dan Trik Menghemat Baterai - Jika kalian merupakan pengguna smartphone entah itu android, ios ataupun windows mobile maka pasti kalian akan merasakan borosnya baterai smartphone kalian dibandingkan dengan featured phone yang dulu mungkin pernah kalian miliki. Ane juga merasakan hal tersebut, lagi enak-enak main game, ditengah-tengah permainan hape lowbat jadi harus ngecas dulu. Sebenernya bete juga sih harus nunggu cas hape yang engga sebentar ini. Tapi, setelah ane ubek" google akhirnya ane ada trik yang ane rangkum sedemikian rupa agar bisa dipraktekin dengan mudah dan aman tanpa download aplikasi pihak ketiga yang malah buat baterai nambah boros. Silahkan dipraktekkan langkah-langkah ini:


1. Matikan Mode Getar

      Yang pertama kali harus dilakukan yaitu jangan memakai mode getar pada smartphone anda. Mode getar mungkin bisa mempermudah kita jika ada pesan atau panggilan yang masuk ataupun notifikasi yang masuk. Namun, hal ini dapat menguras banyak daya, bahkan mode ini lebih banyak menguras daya daripada mode ringtone.


2. Kecilkan Brightness dan Set Sleep Timer

      Layar pada smartphone merupakan komponen yang paling banyak menguras daya baterai selain GPS. Untuk mengurangi konsumsi daya baterai, bisa diatasi dengan cara mengecilkan brightness layar smartphone anda namun tetap enak untuk dilihat dengan mata anda. Bisa juga dengan mengaktifkan auto brightness pada smartphone anda yang berfungsi sesuai kondisi cahaya disekitar anda. Lalu, anda bisa set sleep timer menjadi lebih cepat, dari yang tadinya 2 menit menjadi 30 detik atau 15 detik. Siasat ini cukup berpengaruh terhadap konsumsi baterai.



3. Matikan WiFi, Data Seluler, dan Bluetooth Saat Tidak Digunakan

      Saat smartphone anda sedang tidak digunakan ada baiknya jika segala konektivitas pada smartphone anda dimatikan atau dinonaktifkan karena hal ini dapat membuat konsumsi baterai menjadi tinggi. Jika memang perlu hidupkan salah satu saja. Hal ini cukup efektif dalam penghematan baterai smartphone anda.



4. Tutup Segera Aplikasi Jika Sudah Tidak Digunakan

      Banyak pengguna smartphone yang meremehkan hal ini, padahal hal ini merupakan salah satu yang lumayan menguras konsumsi daya baterai karena menggunakan data latar belakang. Yaitu membiarkan aplikasi tetap terbuka saat sudah tidak digunakan lagi. Meskipun anda sudah menekan tombol home atau back dan keluar aplikasi tersebut namun aplikasi tersebut masih berjalan di data latar belakang anda jadi anda harus segera menutupnya agar tidak memakan daya baterai lagi. Caranya gampang sekali tinggal klik tombol multitasking lalu swipe aplikasi yang sudah tidak digunakan lagi.


5. Matikan GPS

      GPS merupakan salah satu komponen yang paling menguras daya baterai selain layar pada smartphone. Maka dari itu kita harus menon-aktifkannya saat tidak sedang digunakan. Dengan begitu anda dapat menghemat pemakaian baterai. Hanya pakai GPS ini ketika anda sedang membuka Maps atau mengirim lokasi ke orang lain ataupun untuk menggunakan jasa transportasi online.



6. Buat Se-Simple Mungkin Home Screen Tanpa Banyak Widget

      Satu hal lagi yang sering dianggap remeh oleh para pengguna smartphone yang dianggap tidak berpengaruh apa-apa adalah tampilan homescreen. Tampilan homescreen dengan banyak widget nyatanya akan memakan banyak daya baterai pada smartphone anda, jadi usahakan hanya widget yang penting-penting saja yang tampil pada homescreen smartphone anda seperti widget jam dan tanggal serta google now. Satu lagi, jangan gunakan live wallpaper atau wallpaper animasi karena hal ini akan memakan daya baterai juga.

Buatlah Se-Simple Mungkin Homescreen Anda

7. Jaga Temperatur Smartphone Anda

      Pada kenyataannya, smartphone dengan temperatur yang panas akan cepat habis daya baterainya dikarenakan sistem androidnya harus bekerja lebih keras dan akhirnya memakan banyak daya baterai. Hal ini bisa diatasi dengan tidak menggunakan smartphone dibawah sinar matahari secara langsung atau jika sudah dalam temperatur panas anda bisa menaruh smartphone anda di tempat yang sejuk. Karena smartphone yang dalam keadaan dingin pemakaian baterainya lebih optimal.




Silahkan dipraktekkan langkah-langkah tersebut agar smartphone anda mempunyai ketahanan dan pemakaian baterai yang optimal. Jika anda mempunyai trik agar baterai smartphone bisa lebih awet jangan lupa tulis di kolom komentar ya!



1 comment: