All Information About Gadget

Category

About Me

Powered by Blogger.

Thursday 13 April 2017

Samsung Galaxy J3 2016 (J320G) Smartphone Low-End Berkualitas


Assalamualaikum Wr.Wb


Kamis , 13/04/2017




Spesifikasi Samsung Galaxy J3 2016 - Hai sobat sesepuhgadget balik lagi di blog yang satu ini! Kali ini kita akan mereview salah satu smartpone besutan vendor android terbesar saat ini yaitu Samsung. Tipe yang akan kali ini kita review ada J320G atau Samsung Galaxy J3 2016. Meskipun produk ini sudah dirilis dari tahun kemarin tetapi ane lihat masih banyak yang menggunakan smartphone ini karena mempunyai performa yang cukup baik. Juga bisa dilihat dari harga bekasnya yang cenderung stabil menandakan smartphone ini akan eksis kurang lebih 3-4 tahun kedepannya. So, gausah berlama-lama lagi mari kita ulas smartphone ini:

Samsung Galaxy J3 2016

Spesifikasi Dan Review:

1. Body

      Seperti biasa, hal yang pertama kali akan ane ulas adalah bagian bodynya. Smartphone ini memiliki dimensi sebesar 142.3 x 71 x 7.9 mm yang membuat smartphone ini nyaman digenggam dalam jangka waktu yang lama. Dengan ketebalan 7.9 mm dan berat 138 gram membuat smartphone ini pas untuk ditaruh dikantong anda karena tidak terlalu tebal dan berat. Samsung memberikan 3 varian warna pada smartphone ini yaitu Black, White, dan Gold.



Casing Belakang J3 2016

2. Network

      Berlanjut ke sektor jaringan yang dibawakan oleh smartphone ini. Smartphone ini telah dibekali pilihan jaringan yang lengkap mulai dari EDGE,GPRS, 3G, HSDPA+ sampai jaringan tercepat saat ini yaitu 4G LTE. Jenis LTE yang digunakan yaitu LTE Cat4 dengan speed mencapai 150/50 mbps yang sudah sangat cukup untuk menonton film atau video di youtube atau google tanpa buffer. Smartphone ini juga dibekali dengan Dual Sim Standby yang dapat aktif secara bersamaan. Kedua slot simcard pada smartphone ini juga sudah dapat konektivitas 4G LTE. Pada smartphone ini disematkan fitur Ultra-Saving Data Mode yang berfungsi untuk menghemat kuota data anda ketika anda sedang berselancar di dunia maya ataupun menonton di youtube.


3. Display

      Berlanjut ke sektor layar pada smartphone ini. Smartphone ini dibekali dengan layar 5 inci (~68.2% screen to body ratio) tipe Super AMOLED dengan resolusi HD dan mempunyai kedalaman warna hingga 16M Colors yang membuat layar pada smartphone ini enak untuk dilihat oleh mata karena terlihat jernih dan natural. Dengan mempunyai layar 5 inci dan resolusi HD, layar smartphone ini mempunyai kerapatan pixel sebesar ~294 ppi. Layar pada smartphone ini juga sudah dilindungi oleh Asahi Dragontrail Glass yang membuat layar smartphone ini tidak mudah tergores ataupun retak. Smartphone ini juga dibekali dengan fitur multitouch.

Tampilan Layar Galaxy J3 2016

4. Platform


      Kita berlanjut ke sektor platform dari smartphone ini. Galaxy J3 2016 ini dibekali CPU Quad Core 1.5 GHz Cortex-A7 yang dipadukan dengan Chipset milik Spreadtrum tipe SC9830 yang membuat smartphone ini lumayan mumpuni untuk smartphone masa kini. Mungkin jika dibandingkan dengan smartphone kompetitor lainnya yang seharga spesifikasi seperti seperti terlihat tertinggal jauh. Namun, kalian harus mecobanya sendiri sebelum menjudge suatu produk karena tidak selamanya produk spesifikasi standar akan mempunyai performa yang jelek bahkan produk dengan spesifikasi yang tinggi ada juga yang berperforma rendah karena tindak diimbangi dengan build quality yang baik. Untuk urusan grafis pada smartphone ini diurus oleh GPU Mali-400.

5. Memory

      Beralih ke sektor penyimpanan pada smartphone ini. Smartphone ini mempunyai 2 varian internal storage yaitu 8gb dan 16gb. Unit yang ane review saat ini yang 8gb. Menurut ane internal storage sebesar ini ane anggap kurang karena size game-game ataupun file jaman sekarang semakin besar dan kalau tidak menggunakan microSD akan cepat penuh. Untungnya Samsung memberikan slot microSD tipe dedicated slot yang artinya kita bisa menggunakan Dual Sim+microSD, slot microSD ini dapat diexpand sampai 256gb. Untuk RAM nya sendiri smartphone ini dibekali dengan RAM sebesar 1.5gb. Nanggung banget ya?

Status RAM Galaxy J3 2016

6. Camera

      Beralih ke salah satu sektor terpenting pada sebuah smartphone yaitu sektor kamera. Pada smartphone ini disematkan kamera 8+5 mp. Untuk kamera utama sebesar 8mp yang dapat anda andalkan untuk mengabadikan momen berharga anda. Kamera ini juga mempunyai beberapa fitur seperti Geo-Tagging, Touch Focus, Face Detection, HDR, Autofocus , dan LED Flash dan memiliki aperture sebesar f/2.2. Kamera utamanya juga bisa beberapa mode diantaranya ada mode Pro. Kamera sekundernya memiliki pixel sebesar 2mp yang dapat merekam video pada kualitas HD pada 30fps.


Mode Pro

Mode Normal
7. Sound

      Untuk sektor ini ane rasa Samsung sudah bekerja dengan cukup baik dengan mempertahankan kualitas output seperti pada j5 2015 yakni tidak terlalu keras namun tetap jernih dan enak didengar. Walaupun dalam keaadaan bising atapun sedang dalam diluar ruangan smartphone ini hampir tidak dapat terdengar dengan jelas karena tidak terlalu kentjeng suaranya, tapi Samsung sudah memberikan opsi dengan memberikan lubang 3.5mm jack untuk disambungkan dengan headset ataupun headphone untuk mendengarkan suara yang lebih jelas.

8. Jaringan Nirkabel

      Pada sektor ini ane rasa sudah cukup lengkap dengan diawali dengan WiFi tipe 802.11 b/g/n dengan fitur WiFi Direct dan WiFi Hotspot. Serta ada Bluetooth versi terbaru yakni v4.1 untuk anda gunakan sebagai alat transfer data ke pengguna gadget lainnya. Untuk sensor yang dimiliki smartphone ini ane rasa masih kurang karena hanya ada 2 sensor pada smartphone ini yaitu Accelerometer dan Proximity, namun mengingat harga smartphone ini dalam Samsung masih dibilang terjangkau jadi masih ane anggap wajar saja.

9. Battery

      Sektor penyimpanan daya pada smartphone ini disokong oleh battery Li-On atau Lithium-Ion sebesar 2600 mAh, battery ini juga sebelumnya digunakan pada generasi terdahulu dan sama seperti J5 2015. Untuk ketahanan batre smartphone ini sendiri bisa dibilang cukup memuaskan karena dapat bertahan selama 349 jam pada posisi standby, 22 jam pada posisi Talk Time, dan 77 jam pada posisi menyetel musik.

10. Price

       Sampai juga kita pada sektor terakhir pada pembahasan kita kali ini yaitu sektor harga pada smartphone ini. Untuk harga seken smartphone ini masih lumayan tinggi sekitar 1.3-1.6 jutaan tergantung kondisi dan kelengkapan dari smartphone tersebut. Untuk harga barunya bisa dicek disini Harga Samsung Galaxy J3 2016.




Overall menurut ane smartphone ini masih cukup worth to buy, karena ditilik dari history smartphone samsung terdahulu kaya Galaxy Grand Prime dan Galaxy S4 yang notabene hampir menyerupai spesifikasi-nya mempunyai performa yang cukup memuaskan meskipun telah dipakai sekian lama. Kesimpulan dari ane:

Kelebihan:
- Layar 5 inci Super Amoled
- Sudah Ada Perlindungan Layar
- 4G LTE
- Kamera Yang Berkualitas
- Desain Kompak Namun Elegan

Kekurangan:
- Dapur Pacu Minor Jika Dibandingkan Kompetitor Yang Seharga
- Material Masih Plastik
- Internal Hanya 8gb
- Sensor Yang Sedikit

Gimana guys? tertarik untuk meminang smartphone ini? Jika masih bimbang ane ada nih rekomendasi lainnya untuk kisaran budget 1 jutaan yang mempunyai spesifikasi dan harga yang lebih murah cek disini

Segitu saja review dari ane akhir kata Wassalamualaikum.


1 comment: