All Information About Gadget

Category

About Me

Powered by Blogger.

Thursday 13 April 2017

Tips Dan Trik Membedakan Smartphone Xiaomi Asli Dan KW/Aspal Secara Akurat


Assalamualaikum Wr.Wb


Kamis , 13/04/2017




Cara Membedakan Device Xiaomi Asli Atau KW - Hai sobat sesepuhgadget balik lagi di blog yang satu ini! Apa yang pertama kali kalian pikirkan ketika mendengar kata Xiaomi? Pasti Murah-Spek Gahar-Desain Cakep. Namun, seiring meningkatnya popularitas Xiaomi makin banyak Xiaomi gadungan alias Xiaomi kw. Ane gakebayang aja sama orang yang buat Xiaomi KW ini, udah Device Xiaomi murah terus ada kw-nya, mau dijual berapaaa? Tapi tidak sedikit orang yang mengalami hal ini yaitu mendapatkan xiaomi kw, makannya kali ini di segmen tips dan trik ane mau bagiin cara agar kalian bisa membedakan mana smartphone atau device buatan Xiaomi asli dan mana yang ASPAL (Asli tapi Palsu). Gausah berlama-lama lagi mari kita bahas caranya:


1. Cek Fisik Device

      Hal ini memang sulit untuk dilakukan mengingat kebanyakan desain body device Xiaomi kw sangat mirip dengan device Xiaomi yang asli. Namun, jika anda teliti pasti ada saja perbedaan antara keduanya, misalnya casing belakangnya tidak sesuai seperti orinya dan juga tombol kapasitifnya tidak lancar dan masih banyak lagi.



2. Cek Spesifikasi Device

      Langkah selanjutnya adalah mengecek jeroan device Xiaomi anda, bisa menggunakan CPU-Z, GPU-Z, ataupun SensorBox For Android yang dapat diunduh di Google PlayStore. Lalu lihatlah spesifikasi device tersebut apakah sama dengan spesifikasi aslinya atau tidak. Ada juga penjual yang nakal sampai memanipulasi aplikasi benchmark seperti ini, cara mengakalinya dengan melakukan Factory Reset atau Hard Reset pada smartphone anda lalu isntall aplikasi benchmark tersebut dan itulah spesifikasi sebenarnya si smartphone tersebut dan lihatlah apakah sama dengan spesifikasi aslinya?

Contoh Perbedaan Asli Dan KW  Pada Aplikasi CPU-Z

3. Cek IMEI

      Langkah berikutnya, yaitu mengecek IMEI pada device Xiaomi tersebut. IMEI pada device Xiaomi bisa dilihat dengan menggunakan Dial *#06#, bisa juga dilihat di bagian belakang body (jika unibody) atau biasanya dibawah baterai (jika dapat dilepas baterainya), bisa juga dilihat pada box hape tersebut. Lalu anda bisa mengeceknya di situs http://www.imei.info/ atau di situs resmi dari Xiaomi. Dan pastikan hape anda terdaftar pada situs tersebut, jika tidak kemungkinan hape anda ASPAL.



4. Akses MI Fastboot

      Cara ini cukup ampuh untuk membedakan mana yang device Xiaomi asli dan mana yang kw atau aspal. Caranya cukup mudah, pertama matikan device tersebut lalu setelah mati tekan tombol power dan tombol volume down atau volume kurang secara bersamaan. Jika yang keluar adalah kelinci/Mi Bunny yang sedang mengutak-atik robot android maka bisa dipastikan itu adalah device Xiaomi yang asli. Namun, jika yang keluar malah ke Mi Recovery, device tersebut patut dicurigai keasliannya.

Mode Fastboot Xiaomi

5. Cek Pembaruan Via OTA

      Satu hal yang sering luput dari pantauan kita saat mengecek device Xiaomi adalah apakah device tersebut mendapatkan update via OTA? meskpiun device Xiaomi KW tersebut memiliki Rom MIUI Global ataupun China version tetapi device tersebut tetap tidak akan menerima update software dari Xiaomi. Maka dari itu pastikan device Xiaomi anda mendapatkan pembaruan via OTA ya!



Segitu saja tips dan trik yang dapat ane sampaikan, silahkan dipraktekan bagi anda yang masih bingung device Xiaomi anda asli atau palsu. Mohon dikoreksi apabila ada salah kata di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat bagi anda dan jika suka dengan artikel ini mohon dishare di social media kalian ya! Akhir kata Wassalamualaikum.







2 comments: